Pengertian Diabetes Melitus Tipe-2 (DMT2)

Apa itu Diabetes Melitus Tipe-2 (DMT2)

Apa sih sebenarnya Diabetes Melitus Tipe-2 (DMT2) itu? Penyakit ini ternyata diderita oleh lebih dari 150 juta orang di seluruh dunia, dan terus bertambah jumlahnya. Kalau sudah kena diabetes, maka harus diobati seumur hidup dan diabetes bisa dibarengi sejumlah komplikasi penyakit lain.

Menurut Perhimpunan Endokrinologi Indonesia (PERKENI), DMT2 adalah penyakit gangguan metabolisme yang ditandai oleh kenaikan kadar gula darah akibat gangguan dalam produksi insulin, dan atau gangguan fungsi insulin yang terjadi pada tubuh manusia.

Insulin sendiri merupakan hormon yang diproduksi oleh kelenjar beta sel di dalam pankreas. Hormon ini berfungsi memindahkan gula (glukosa) dari darah ke dalam sel-sel tubuh untuk kemudian diubah menjadi energi.


Istilah Kencing Manis

Kadar gula darah yang tinggi akan membuat ginjal bekerja sangat berat untuk membuang kelebihan gula yang tidak terserap tubuh melalui urin (kencing). Kerja ginjal yang berlebihan inilah yang akan membuat penderita DMT2 menjadi mudah haus, dan sering kencing.  

Dahulu kala, para dokter akan melakukan pemeriksaan dengan cara mencicipi urin para penderita. Jika urin pasien terasa manis saat dicicip, maka ia positif menderita diabetes, itulah awal muncul istilah “Kencing Manis” yang masih digunakan sampai saat ini.

“Jika Anda menderita diabetes, bukan berarti Anda menjadi tidak berdaya. Jutaan orang di dunia menderita diabetes dan kebanyakan tetap hidup secara normal dan aktif. Bahkan ada yang sudah mengidapnya lebih dari 50 tahun”.


Bagikan ke Apps Lain